Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Berbasis Website (Studi Kasus Pada Bengkel Motorindo)

  • Stephano W.C. Ngangi Universitas Sam Ratulangi
  • Christian Alderi Jeffta Soewoeh Universitas Sam Ratulangi
  • Eric Alfonsius Universitas Sam Ratulangi
  • Dodisutarma Lapihu Universitas Sam Ratulangi
  • I Gusti Ngurah Aditya Putra STMIK Adhi Guna

Abstract

Sistem informasi penjualan sparepart motor merupakan sistem yang dapat mengelola data penjualan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat suatu website penjualan Sparepart Motor yang terletak di bengkel Motorindo di Jl. Hj. Hayun Kota Palu. Adapun sistem ini dapat mempermudah pihak toko dari segi penjualan online dan meningkatkan pangsa pasar penjualan sparepart menjadi lebih besar lagi. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian seperti teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi dan Metode pengujian yang digunakan menggunakan metode blackbox. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil rancangan dan pembuatan sistem yang ada dari segi tampilan dan fungsionalitas menghasilkan pengujian 95.83%. Elemen-elemen dari system yakni tombol-tombol login, simpan, edit dan hapus berfungsi dengan baik sehingga dapat menjadi dasar dalam mengimplementasikan website penjualan tersebut.

References

R. Romindo dkk., Sistem Informasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis, 2020.

S. Sukardi, E. Alfonsius, dan A. Y. Safitri, “Sistem Informasi E-Menu Pada Café Raego Berbasis Web Mobile,” E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 1, hlm. 9–17, 2020.

M. Rifai, E. Alfonsius, dan L. Sanjaya, “PEMODELAN SISTEM INFORMASI ALUMNI STMIK ADHI GUNA BERBASIS WEBSITE,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 5, no. 1, hlm. 1–2, 2017.

E. Alfonsius dan M. Rifai, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS VENDOR MANAGED INVENTORY (VMI),” PROSIDING SEMANTIK, vol. 1, no. 2, hlm. 253, 2015.

W. Srisadono, “Strategi perusahaan e-commerce membangun brand community di media sosial dalam meningkatkan omset penjualan,” Jurnal Pustaka Komunikasi, vol. 1, no. 1, hlm. 167–179, 2018.

A. L. Setyabudhi dan Z. S. Hasibuan, “SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP BERBASIS WEB DENGAN METODE SDLC: WEB-BASED ONLINE SHOP INFORMATION SYSTEM WITH SDLC METHOD,” Engineering and Technology International Journal, vol. 2, no. 02, hlm. 70–81, 2020.

S. A. Widiana, S. Sintaro, R. Arundaa, E. Alfonsius, dan D. Lapihu, “Aplikasi Penjualan Baju Berbasis Web (E-Commerce) dengan Formulasi Penyusunan Kode,” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS), vol. 1, no. 1, hlm. 35–43, 2023.

N. Oktaviani dan I. M. Widiarta, “Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada SMP Negeri 1 Buer,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, vol. 1, no. 2, hlm. 160–168, 2019.

S. B. Hartono, “Pengembangan Sistem Informasi Arus Kas Dengan Metode Sdlc (System Development Life Cycle) Pada Madin Al-Junnah,” ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, vol. 4, no. 1, hlm. 1–16, 2020.

A. Y. Permana dan P. Romadlon, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode Sdlc Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile,” Jurnal Sigma, vol. 10, no. 2, hlm. 153–167, 2019.

A. Prasetyo dan R. Susanti, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 10, no. 2, hlm. 1–16, 2016.

D. Zaliluddin dan R. Rohmat, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore),” INFOTECH journal, vol. 4, no. 1, 2018.

U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, vol. 4, no. 1, 2018.

W. Nugraha, M. Syarif, dan W. S. Dharmawan, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Desktop,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, hlm. 22–28, 2018.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, hlm. 1–5, 2020.

R. Ishak, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Teladan Dengan Metode Weighted Product,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 8, no. 3, hlm. 160–166, 2016.

U. Salamah dan F. N. Khasanah, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,” Information Management For Educators And Professionals: Journal Of Information Management, vol. 2, no. 1, hlm. 35–46, 2017.

Published
2023-04-01