Sistem Informasi Pendaftaran Beasiswa dan Jadwal Legalisir Berbasis Website Responsif (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Sulawesi Utara)

  • Aditya Lapu Kalua Universitas Sam Ratulangi
  • Roma Mantiri Universitas Sam Ratulangi
  • Cessi Rumondor Universitas Sam Ratulangi
  • Efraim Mogogibung Universitas Sam Ratulangi
Keywords: Teknologi ; Sistem Informasi ; Website Responsif ; Dinas Pendidikan ; Beasiswa ; Legalisir

Abstract

Perkembangan telekomunikasi era ini bukan hanya kelanjutan teknologi, tetapi juga penanda progres dan transformasi berkelanjutan. Dunia telekomunikasi smencerminkan evolusi inovasi teknologi, dengan teknologi informasi sebagai katalisator utama meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dorongan inovatif dari teknologi informasi telah membuka peluang baru, mempercepat akses pengetahuan, dan mengubah cara pembelajaran menjadi lebih interaktif dan relevan dengan tuntutan zaman. Desain web responsif, melalui penggunaan flexible grids, JavaScript, CSS media queries, dan HTML, menawarkan adaptabilitas yang unggul terhadap berbagai perangkat. Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, sebagai pengelola sistem pendidikan di wilayahnya, memiliki program beasiswa dan proses legalisir dokumen yang masih menggunakan sistem manual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengolahan data beasiswa dan legalisir dengan mengembangkan sistem informasi berbasis website responsif. Metode pengembangan menggunakan SDLC dengan model waterfall, melibatkan analisis kebutuhan, desain, pembuatan kode program, pengujian, dan pendukungan. Hasilnya mencakup antarmuka pengguna untuk pendaftaran beasiswa dan jadwal legalisir, serta fitur admin untuk mengelola data pendaftar. Uji Black Box dilakukan untuk mengevaluasi fungsi sistem. Pembahasan melibatkan implementasi antarmuka dan desain database menggunakan UML. Kesimpulan menunjukkan peningkatan efektivitas pengolahan informasi dan kemudahan bagi pendaftar dan pihak Dinas Pendidikan. Batasan melibatkan fokus pada informasi beasiswa dan legalisir, sementara saran untuk penelitian selanjutnya adalah meningkatkan kerjasama dan mengakses lebih banyak literatur terkait.

References

N. Wahyuni, H. Setiawan, dan R. Apriyandy, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BEASISWA BERBASIS WEBSITE PADA FAKULTAS TEKNIK UNTIRTA,” 2016.

M. Y. Putra, “Responsive Web Design Menggunakan Boostrap Dalam Merancang Layout Web,” Information System for Educators and Professionals, vol. 5, no. 1, hlm. 61–70, 2020.

R. Yunida, R. Watrianthos, M. Nasution, A. S. Manajemen Informatika Komputer Labuhan Batu Jalan

Raja No, dan A. Tapa Rantauprapat, “Rita Yunida 1) Ronal Watrianthos 2) Marnis Nasution 3) Informatika,” P-ISSN, 2018.

R. D. Gunawan, T. Oktavia, dan R. I. Borman, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BEASISWA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) BERBASIS ONLINE (TUDI KASUS : SMA N 1 KOTA

BUMI),” vol. 8, no. 1, 2018.

K. Fitry, Zulhendra, dan D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Legalisir Dokumen Berbasis Web Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” Teknik Elektronika & Informatika, vol. 2, no. 2, 2014.

A. Josi, “PENERAPAN METODE PROTOTIPING DALAM PEMBANGUNAN WEBSITE DESA (STUDI KASUS DESA SUGIHAN KECAMATAN RAMBANG),” 2017.

T. J. Riasinir dan Widyasari, “Pemanfaatan Framework Bootstrap Dalam Merancang Website Responsif Untuk Toko D2 Adventure,” 2019.

TondanoWeb.com, “REVIEW BOOTSTRAP STUDIO V.4.3.1,” TondanoWeb.com. Diakses: 22 November 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://tondanoweb.com/review-bootstrap-studio-v-4-3-1/

N. Huda, “Visual Studio Code: Pengertian, Fitur, Keunggulan dan Jenisnya,” dewaweb.com. Diakses: 22 November 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-visual-studiocode/

A. Setiyowati, A. L. Ramadhani, dan M. K. Amin, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Kurang Mampu Menggunakan Metode Profile Matching,” JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, vol. Vol.6, 2019.

M. M. Haekal, “Apa itu Legalisir? Syarat, Fungsi, dan Masa Berlakunya,” mekarisign.com. Diakses: 22

November 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://mekarisign.com/id/blog/legalisir-adalah/

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, Nov 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/346397070

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, dan H. Rahmadi, “PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” 2015.

D. Andini Putri, S. Ernawati, N. Mandiri Jl Damai No, W. Jati Barat Jakarta Selatan, dan S. Informasi

STMIK Nusa Mandiri Jl Damai No, “PENGEMBANGAN SUBSISTEM APLIKASI ZAKAT ONLINE BERBASIS WEB PADA BAZNAS KOTA BOGOR MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL,”

redaksi, “Ayo Gerak Cepat, Ini Syarat Dapat Bantuan Studi Dikda Sulut Hingga Rp10 Juta Untuk S1 & S2,” CYBERSULUT.NET. Diakses: 22 November 2023. [Daring]. Tersedia pada:

https://cybersulut.net/ayo-gerak-cepat-ini-syarat-dapat-bantuan-studi-dikda-sulut-hingga-rp10-jutauntuk-s1-s2/

Published
2024-04-01