Sistem Informasi Layanan Surat Bebas Pustaka Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah Berbasis Website

  • Eric Alfonsius Universitas Sam Ratulangi
  • Sukardi Sukardi STMIK Adhi Guna
  • Bonitalia Bonitalia STMIK Adhi Guna
  • Stephano W.C. Ngangi Universitas Sam Ratulangi
  • Christian Fecky Lagimpu STMIK Adhi Guna

Abstract

Sistem Informasi Layanan Surat Bebas Putaka Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, adalah suatu sistem yang dapat mengelola data perpustakaan terkait layanan bebas pustaka. Layanan bebas pustaka adalah proses pembuatan surat terkait bukti bebas peminjaman buku yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun suatu system informasi perpustakaan terkait layanan bebas pustaka yang dapat membantu pihak tempat penelitian khususnya di bagian perpustakaan. Sistem ini dapat meningkatkan kinerja bagian perpustakaan daerah menjadi lebih efektif. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian seperti teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi serta wawancara dan metode pengujian segi efisien dan efektif dalam pengolahan data perpustakaan didasarkan pada hasil pembahasan, pengujian serta analisis dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan terdapat hasil rancangan, desain dan implementasi serta hasil pengukuran Wilcoxon terkait perbandingan sistem lama dan sistem baru, penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena hipotesis yang ada diterima didasarkan dari hasil perbandingan T kurang dari hasil uji.

References

W. R. Ferdana, B. Efendi, dan T. Christy, “Penentuan Bantuan Buku Perpustakaan Daerah Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Asahan Dengan Metode SAW,” J-Com (Journal of Computer), vol. 2, no. 1, hlm. 1–10, 2022.

R. Kania, R. Effendi, dan M. R. Sidik, “Sistem Repository Perpustakaan Pada Universitas Banten Jaya Berbasis Web (Studi Kasus: Universitas Banten Jaya),” Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), vol. 4, no. 2, hlm. 201–214, 2021.

E. Fatmawati, “Pengenalan Automasi Perpustakaan Terintegrasi Inlislite,” LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, hlm. 1–20, 2020.

S. Sukardi, E. Alfonsius, dan A. Y. Safitri, “Sistem Informasi E-Menu Pada Café Raego Berbasis Web Mobile,” E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 1, hlm. 9–17, 2020.

S. Setiawansyah, Q. J. Adrian, dan R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 11, no. 1, hlm. 24–36, 2021.

S. Sintaro, A. Surahman, S. C. W. Ngangi, W. W. Kalengkongan, dan A. B. Johanes, “Sistem Informasi Pengenalan Kampus dengan Foto 360 Berbasis Website,” Journal of Data Science and Information Systems (DIMIS), vol. 1, no. 1, hlm. 32–40, 2023.

H. Sulistiani, A. Yuliani, dan F. Hamidy, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Upah Lembur Karyawan Menggunakan Extreme Programming,” Technomedia Journal, vol. 6, no. 1 Agustus, hlm. 1–14, 2021.

E. Alfonsius dan M. Rifai, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS VENDOR MANAGED INVENTORY (VMI),” PROSIDING SEMANTIK, vol. 1, no. 2, hlm. 253, 2015.

N. Oktaviani dan I. M. Widiarta, “Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada SMP Negeri 1 Buer,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, vol. 1, no. 2, hlm. 160–168, 2019.

H. H. Muflihin, H. Dhika, dan S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Rosadah,” Bianglala Informatika, vol. 8, no. 2, hlm. 91–99, 2020.

M. Rifai, E. Alfonsius, dan L. Sanjaya, “PEMODELAN SISTEM INFORMASI ALUMNI STMIK ADHI GUNA BERBASIS WEBSITE,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 5, no. 1, hlm. 1–2, 2017.

A. Y. Permana dan P. Romadlon, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode Sdlc Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile,” Jurnal Sigma, vol. 10, no. 2, hlm. 153–167, 2019.

A. L. Setyabudhi dan Z. S. Hasibuan, “SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP BERBASIS WEB DENGAN METODE SDLC: WEB-BASED ONLINE SHOP INFORMATION SYSTEM WITH SDLC METHOD,” Engineering and Technology International Journal, vol. 2, no. 02, hlm. 70–81, 2020.

S. B. Hartono, “Pengembangan Sistem Informasi Arus Kas Dengan Metode Sdlc (System Development Life Cycle) Pada Madin Al-Junnah,” ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, vol. 4, no. 1, hlm. 1–16, 2020.

S. A. Widiana, S. Sintaro, R. Arundaa, E. Alfonsius, dan D. Lapihu, “Aplikasi Penjualan Baju Berbasis Web (E-Commerce) dengan Formulasi Penyusunan Kode,” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS), vol. 1, no. 1, hlm. 35–43, 2023.

Published
2023-04-01